Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Kementan Ubah Impor Bawang Putih Jadi Swasembada

Kompas.com - 28/03/2019, 16:59 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Kementerian Pertanian punya skema untuk mengubah kebijakan impor bawang putih menjadi swasembada pada 2021 mendatang. Berbagai cara diupayakan agar kebutuhan bawang tidak lagi bersumber dari impor.

Direktur Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian Suwandi mengatakan, rencana swasembada bawang putih ditarget terpenuhi pada 2021 mendatang.

Saat ini, hampir seluruh kebutuhan bawang putih dipenuhi oleh impor, meski sebagian wilayah sedang panen raya.

“Ada perluasan area tanam dari APBN tahun 2019 ini di 110 kabupaten dengan luasan 30 ribu hektar. Jadi semua hasil panen masa tanam tahun 2019 semua dijadikan benih lagi,” kata Suwandi, seusai panen raya komoditas bawang putih di Desa Pekarangan, Kecamatan Kledung, Temanggung, Kamis (28/3/2019).

Baca juga: Petani Diimbau Jadikan Bawang Putih Hasil Panen Sebagai Bibit agar Tak Impor

Dijelaskan Suwandi, pemerintah ke depan sudah berkomitmen untuk tidak lagi mengandalkan impor untuk jenis komoditas ini.

Oleh karena itu, pemerintah membuat regulasi agar pengusaha impor juga melakukan kewajiban tanam di dalam negeri.

Dengan regulasi ini, pengusaha impor wajib membina dan melakukan kerja sama dengan kelompok tani.

Namun ke depan, sambung dia, para pengusaha yang saat ini impor, akan diarahkan menjadi pengusaha ekspor bawang putih setelah swasembada terpenuhi.

“Kembalikan kejayaan, kami tidak ingin impor bawang putih. Saat ini kami memang masih impor, tapi kami balikkan 3-4 tahun ke depan. Saat ini tren sudah bagus,” katanya.

“Jadi konsep impor nanti turun, sementara kita nanam terus nanti begitu bisa 90 ribu hektare impor langsung tutup. Makanya seluruh hasil panen jadi benih,” tambahnya.

Suwandi melanjutkan, untuk swasembada bawang, dibutuhkan lahan seluas 70 ribu hektare. Saat ini, lahan yang sudah ditanami baru 11 ribu hektare dan akan meningkat hingga 30 ribu hektare di akhir 2019 ini.

Pada akhir 2020, ditarget luas tanam bisa mencapai 90 ribu hektare, lalu pada masa tanam berikutnya diharapkan hasil panen sudah bisa swasembada.

“Panen di Temangung ini kualitasnya bagus, ada jenis lumbu putih, geol, lumbu kuning, dan lumbu hijau,” tandasnya. 

Kompas TV Satuan Lalulintas Polrestabes Semarang, menggelar olah tempat kejadian perkara kecelakaan di Tol Tembalang, yang mengakibatkan novelis kenamaan NH Dini meninggal dunia.<br /> <br /> Dari olah TKP Rabu (5/12) sore, truk bermuatan bawang putih yang menabrak minibus yang ditumpangi novelis NH Dini, sebelumnya mengalami kerusakan patah as roda. Akibat kerusakan, truk berjalan mundur tidak terkendali, dan menabrak minibus berpenumpang NH Dini yang melaju di jalur kanan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com