Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Padam, Waspadai Alat Elektronik Anda!

Kompas.com - 10/07/2008, 20:25 WIB

PEMADAMAN listrik yang kerap terjadi berpotensi menganggu kinerja peralatan elektronika, bahkan bisa menjadi rusak . Jika rusak, maka warga harus mengganti dengan membeli kompenen baru. Mereka juga bisa melakukan tindakan preventif dengan membeli peralatan yang bisa melindungi dari kerusakan.

Salah satu peralatan yang saat ini banyak dicari adalah stabilizer atau automatic voltage regulator (AVR) yang berfungsi melindungi peralatan elektronika dari naiknya tegangan listrik yang terjadi secara tiba-tiba saat listrik kembali menyala. AVR juga biasa dikenal sebagai alat penyetabil tegangan.

Berdasar pengamatan Kompas di Lindeteves Trade Center Glodok, Jakarta Pusat, Kamis (10/7), peralatan seperti ini laku cukup keras. Marketing Representative Aneka Travo yang berada di lantai dasar blok C 31, Eva Lenni Hutagalung, mengemukakan banyaknya permintaan dari masyarakat membuat beberapa tipe AVR kosong.

AVR berukuran 12.000-30.000 voltampere (VA) yang biasanya untuk industri sudah lama kosong, ujar Eva. Akibatnya, lanjut dia, konsumen harus menunggu pasokan satu-dua minggu, meski rata-rata mereka tidak sabar lantaran tidak ingin peralatan elektronikanya rusak.

Meningkatnya permintaan, kata Eva tidak hanya terjadi pada produk buatan Jepang yang harganya lebih mahal, tetapi juga asal China . Permintaan barang produksi kedua negara itu berimbang. Konsumen tidak lagi melihat negara penghasil. Yang dipikirkan hanya bagaimana melindungi peralatannya dari kerusakan, katanya.

Akibat naiknya permintaan, Eva mengaku terjadi peningkatan transaksi mencapai Rp 200 juta pada bulan Juni, dari sebelumnya Rp 100-an juta per bulan untuk tiap toko. Konsumen sendiri terbagi dalam dua kelompok, yakni industri yang memerlukan AVR berkapasitas besar dan rumah tangga yang memerlukan kapasitas kecil, sekitar 500 VA. AVR kecil dengan harga Rp 200.000-Rp 300.000 (tergantung merk) ini cocok untuk komputer, televisi, dan lemari es.

Meningkatnya permintaan juga terjadi pada peralatan lain. Esti selaku Marketing toko Vinco Jaya yang berada di Blok A6 lantai III , mengatakan penjualan MCB (main circuit breaker) atau pemutus hubungan listrik otomatis meningkat 5-10 persen dalam beberapa waktu terakhir. Jika biasanya ia mampu menjual 20-30 unit per hari, saat ini di atas 50 unit.

MCB bekerja apabila tegangan listrik melampaui batas. Selain melindungi peralatan elektronika dari tengangan tinggi , alat ini juga mencegah terjadinya hubungan arus pendek. Bedanya, apabila peralatan AVR dalam bentuk kotak tersendiri maka MCB terpasang pada jaringan listrik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com