Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinkes Jawa Tengah Klaim Wilayahnya Terbebas dari Virus Corona

Kompas.com - 16/02/2020, 22:57 WIB
Riska Farasonalia,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SEMARANG.KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Jawa Tengah menyatakan wilayahnya terbebas dari penularan virus corona hingga saat ini.

Hal ini menyusul kepulangan 10 mahasiswa Jateng ke daerahnya masing-masing usai menjalani karantina di Natuna, Kepulauan Riau.

Sepuluh mahasiswa itu telah mengantongi sertifikat sehat sebagai bukti telah melalui observasi virus corona selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Baca juga: Hoaks Foto Tol Cipularang Km 118+600 Kembali Longsor dan Terancam Putus

"Yang selain Natuna kita sudah lakukan pemantauan, semua negatif Covid 19 (virus corona). Yang di rumah sakit juga sudah kita pulangkan semua, tidak ada yang terindikasi di Jateng," jelas Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo di Semarang, Minggu (16/2/2020).

Hasil pemantauan di bandaran dan berbagai perusahaan yang memperkerjakan tenaga kerja asing (TKA) juga memperlihatkan hasil negatif.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang Ariyanti mengatakan, pemerintah Kota Semarang masih meningkatkan kewaspadaan di pintu masuk kedatangan bandara dan pelabuhan.

Baca juga: Mahasiswa NTB yang Dipulangkan dari China Belajar Secara Online

"Tetap kesiagaan, kewaspadaan kita lakukan. Terutama penumpang yang dari luar negeri, jika ada suhu badan meningkat kita berikan high alert card, tapi sampai sekarang tidak ada. Tidak hanya di sini, di Bandara Adi Sumarmo maupun pelabuhan, semuanya aman," tandasnya.

Ariyanti berharap Badan Kesehatan Duni (WHO) segera menurunkan status kewaspadaan terhadap virus corona.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com