KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Rusunawa Kaligawe Dilapori Warga Kotor, Wali Kota Hendi Turun Langsung Kerja Bakti

Kompas.com - 20/09/2019, 17:35 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi turun dan memimpin kerja bakti membersihkan Kawasan Rusunawa Kaligawe.

Langkah itu, menurut Hendi—panggilan akrab Hendrar Prihadi—dilakukan setelah mendapat banyak pesan WA dan SMS yang bilang kebersihan di kawasan tersebut kurang terawat dengan baik. Pesan-pesan tersebut masuk melalui aplikasi Lapor Hendi.

Hendi berharap kegiatan resik-resik di kawasan yang cukup padat itu dapat menjadi contoh dan perangsang bagi warga Kota Semarang untuk menjaga serta merawat lingkungannya agar tetap bersih, sehat dan nyaman.

Dalam kesempatan tersebut, Hendi mengingatkan bahaya leptospirosis yang menjadi salah satu kasus penyakit yang belum dapat disembuhkan.

Penyakit yang bersumber dari kencing tikus ini, lanjut Hendi, dapat berpotensi terjadi di mana-mana terutama di kawasan padat penduduk.

Baca juga: Rupaya Ini Alasan Wali Kota Hendi Ajak Jajarannya Bersepeda Tiap Pagi

Kencing tikus yang mengenai luka terbuka, tambah Hendi, dapat menyebabkan panas tinggi hingga kematian.

“Makanya yang bisa dilakukan adalah upaya pencegahan. Di antaranya dengan menggunakan sepatu karet saat masuk dalam got, saluran serta menjaga lingkungan tetap bersih sehingga tidak menjadi sarang tikus,” urai Hendi.

Lebih dari itu, kemauan untuk bersih-bersih, kata Hendi, harus pula dimulai dari diri sendiri, tidak perlu menyalahkan orang lain dan tetangga.

Hendi meminta kepada setiap warga untuk dapat memastikan dahulu lingkungan rumah, saluran rumahnya bersih serta menghindari buang sampah sembarangan.

Baca juga: Gubernur Sulut Ikut Angkat Sampah saat Kerja Bakti Massal

 

“Sepertinya hal sepele, membuang 1 kantong plastik, tetapi kalau 1,6 juta warga Kota Semarang membuang sampah akan menjadi masalah besar dan menjadikan lingkungan yang tidak sehat,“ ungkap Hendi.

Perlu diektahui, dalam kerja bakti tersebut kurang lebih 400 orang mengikuti aksi bersih-bersih yang juga sebagai agenda Bulan Bakti Gotong Royong.

Penghijauan jelang musim hujan

Selain menekankan pentingnya kebersihan, Hendi menyampaikan pula kesiapan dan kesepakatan seluruh jajarannya untuk melakukan penghijauan dan penanaman pohon massal jelang musim hujan.

Pada tahap awal ini dilakukan penanaman 20 batang pohon di kawasan rusun. Setelah ditanam, Hendi meminta warga setempat untuk dapat benar-benar merawat dan menjaganya. 

Tak hanya di rusun saja, ke depan Hendi telah menginstruksikan penanaman pohon secara masif di berbagai sudut Kota Semarang.

"Semoga penghijauan nanti dapat membuat udara Kota Semarang lebih bersih, sejuk dan menjadikan lingkungan lebih hijau," kata Wali Kota Hendi

Kegiatan kerja bakti massal tersebut selain diikuti jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Musyawarah Pimpinan-Daerah (Muspida) Kota Semarang dan melibatkan warga masyarakat.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com