KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Lewat Program Perkembangan Anak, TP PKK Kota Semarang Raih Penghargaan

Kompas.com - 26/07/2019, 12:25 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Semarang di bawah kepemimpinan Krisseptiana (Tia) Hendrar Prihadi kembali berhasil meraih prestasi di tingkat nasional, Kamis (25/7/2019).

Kali ini penghargaan yang diraih TP PKK Kota Semarang adalah Pakarti Utama I tingkat nasional sebagai pelaksana terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) untuk kategori kota.

"Capaian ini menunjukkan PKK Gisikdrono Kota Semarang mampu menjalankan perannya dalam upaya mencetak anak-anak yang cerdas, mandiri dan berdaya saing," ujar Tia Hendi sesuai rilis yang Kompas.com terima, Jumat (26/7/2019).

Sebagai informasi, acara penghargaan tersebut bertepatan dengan acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) tingkat nasional ke-47.

Adapun penghargaan diserahkan oleh Ketua TP PKK Republik Indonesia, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang berlokasi di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar),

Tia menilai, TP PKK Gisikdrono berhasil meraih prestasi tertinggi karena sejumlah program dan inovasi pemenuhan hak anak yang telah dilakukan sejak 2016. Diantaranya adalah memberikan pelatihan mendongeng untuk anak, pelatihan gender bagi pendamping SD, SMP, SMA.

Selain itu, TP PKK Gisikdrono juga melakukan sosialisasi terhadap permasalahan sosial seperti kenakalan remaja, risiko seks bebas, narkoba, pencegahan kekerasan seksual terhadap anak, pemahaman KDRT dan pencegahan menikah usia dini.

Tidak selesai sampai di situ, imbuh dia, TP PKK Gisikdrono juga menyediakan fasilitas umum pendukung bagi perkembangan anak di Kelurahan Gisikdrono.

"Seperti pelayanan ramah difabel, wahana bermain anak, dan rumah pintar menjadi contoh fasilitas yang tersedia," ucap dia.

Sebelumnya, PKK kota Semarang sukses meraih beragam penghargaan lewat program pola asuh anak dan remaja.

Diantaranya adalah juara III lomba pemberdayaan masyarakat tingkat nasional 2016, juara II PKK tergiat tingkat Kota Semarang 2017, lalu juara I lomba pola asuh anak dan remaja tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2018.

"Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh kader PKK Kota Semarang atas capaian yang positif ini," tutup Tia.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com