Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Nilai Deklarasi 31 Kepala Daerah untuk Jokowi-Ma'ruf Tak Melanggar, Ini 2 Alasannya

Kompas.com - 29/01/2019, 13:18 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai bahwa deklarasi dukungan 31 kepala daerah di Jawa Tengah terhadap pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin tidak melanggar aturan terkait kampanye.

"Kalau (deklarasi dukungan pasangan capres dan cawapres dilaksanakan pada hari) libur kan boleh. Saya sudah ngomong, satu, (mereka) kader partai, dua, harinya libur," kata Ganjar di Semarang, Senin (28/1/2019).

Hal tersebut disampaikan Ganjar menanggapi rencana pengaduan dari tim pemenangan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ke Bawaslu Jateng terkait deklarasi dukungan 31 kepala daerah yang dilaksanakan di Kota Surakarta, Sabtu (26/1/2019).

Baca juga: Ganjar Kumpulkan Kepala Daerah asal Partai Koalisi, Yakin Jokowi-Maruf Menang Mutlak di Jateng

Ganjar menuturkan, seluruh kepala daerah yang melakukan deklarasi dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf, baik bupati/wakil bupati maupun wali kota/wakil wali kota, merupakan kader partai politik dan kegiatan dilakukan pada hari libur sehingga hal itu memang diperbolehkan.

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan, kegiatan deklarasi tersebut sudah sesuai dengan regulasi dan taat etika, serta dipastikan tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat.

"Saya sampaikan, kami taat regulasi, taat etika dan layanan masyarakat tidak terganggu. Kalau mau kampanye ambil cuti, kecuali hari libur," ujarnya.

Baca juga: Prabowo: Mungkin Ini yang Terakhir untuk Indonesia...

Sebelumnya, Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi Jateng berencana mengadu ke Bawaslu Jateng terkait kegiatan deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf yang dilakukan 31 kepala daerah di Jateng.

"Kami mempertanyakan terkait dengan perizinan, apakah sudah ada izin ke pihak berwenang sebelum deklarasi," kata Juru Bicara BPD Prabowo-Sandi Jateng Sriyanto Saputro.

Sementara itu, Koordinator Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng Roffiudin mengaku belum ada aduan yang masuk terkait deklarasi dukungan kepada pasangan capres/cawapres bernomor urut 01 hingga Senin siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com