KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Kembali Dilantik Jadi Wali Kota Semarang, Hendi Paparkan Program Jangka Pendek

Kompas.com - 27/02/2021, 09:24 WIB
Yussy Maulia Prasetyani,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hendrar Prihadi resmi dilantik kembali sebagai Wali Kota Semarang untuk periode 2021- 2026. Pelantikan berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Wali Kota Semarang yang akrab dipanggil Hendi tersebut menyebut, pada periode kedua jabatannya ini ia beserta wakilnya akan mengemban amanah yang diberikan oleh masyarakat dan akan memberikan yang terbaik untuk warga Semarang.

“Bagi saya, periode kedua ini adalah menjadi periode habis-habisan untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat Semarang,” ungkap Hendi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (26/2/2021). 

Baca juga: Program Jangka Pendek Walkot Semarang untuk Banjir, Tambah Pompa dan Atasi Masalah Sampah

Hendi menegaskan ia tengah mempersiapkan program jangka pendek yang akan berfokus pada penanganan banjir di Kota Semarang. Menurut Hendi, saat ini permasalahan banjir masih terjadi di beberapa titik di Kota Semarang.

"Kami akan melakukan evaluasi masalah banjir ini, mungkin selama 1-2 minggu ini. Beri kesempatan kami untuk bekerja sebaik-baiknya," imbuhnya.

Selanjutnya, Hendi menerangkan akan tetap melaksanakan dan meningkatkan program lainnya.

"Program lainnya akan tetap dilaksanakan, seperti untuk perbaikan rumah bagi warga yang tidak layak huni (RTLH), program untuk jaminan kesehatan bagi masyarakat yaitu program Universal Health Coverage (UHC), dan program beasiswa yang dibutuhkan masyarakat," ungkap Hendi.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkot Semarang Meniadakan Pesta Rakyat di Pelantikan Wali Kota Hendi

Ia menegaskan, anggaran untuk program-program tersebut akan ditingkatkan agar bisa menjangkau seluruh masyarakat.

Tak hanya itu, Hendi juga menegaskan Pemerintah Kota Semarang akan meningkatkan anggaran untuk program Kredit Wibawa atau bantuan kredit bagi masyarakat dengan bunga ringan.

Sementara Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dirinya akan mendampingi wali kota untuk mendukung program prioritas, seperti penanganan banjir, jaminan kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat lainnya.

“Nantinya kami akan konsen lebih pada masalah perempuan, seperti angka stunting pada anak, ibu hamil. Selain itu, terkait diversifikasi pangan dalam upaya ketahanan pangan masyarakat juga masih diprioritaskan,” pungkas Ita.

Baca juga: Sempat Banjir, Genangan Air di Simpang Lima Semarang Sudah Surut

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com